About Me

Foto Saya
Kesbang Pol dan Linmas Kabupaten Garut
Lihat profil lengkapku
Rabu, 05 Oktober 2011

PostHeaderIcon Kegiatan Linmas


Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat kabupaten Garut, menggelar Kegiatan Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam bagi Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat.Linmas) yang terdiri dari 5 Kecamatan Diantaranya : 1. Kecamatan Bayongbong, 2, Kecamatan Cisurupan, 3. Kecamatan Pamulihan, 4. Kecamatan Pakenjeng, 5. Kecamatan Banyuresmi, 6. Kecamatan Sukaresmi, 7. Kecamatan kadungora dan 8. Sat. linmas Kabupaten Garut. Program Penanggulangan Bencana ini dilaksanakan di Kecamatan Cisurupan, berbarengan Gladi Posko yang diselenggarakan oleh Korem 062/tn dan Kodim 0611 Garut. Turut bergabung pula dari berbagai organisasi lainnya.
Peran Sat.linmas sangat penting, khususnya saat terjadi permasalahan di daerah seperti kebencanaan, gangguan kamtibnas, sosial kemasyarakatan serta mampu menunjang berbagai program rehabilitasi pasca bencana maupun pasca konflik maupun terlibat dalam pengamanan penyelenggaraan pemilu baik legislatif, presiden dan wakil presiden dan  pemilihan Gubernur serta pemilihan Bupati/Walikota, “oleh karena itu, program perlindungan masyarakat perlu terus diberdayakan dan ditingkatkan di kehidupan sehari-hari, dengan demikian kedepan satuan linmas lebih baik dan berkualitas dalam mengemban tugas kenegaraan maupun kemasyarakatan.”Selain itu, pemberdayaan Sat.linmas dalam penanggulangan bencana melalui surat edaran menteri dalam negeri nomor 362 4396 sj tanggal 11 Desember 2009 tentang pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam membantu kegiatan penanggulangan bencana banjir, tanah longsor dan bencana lainnya. diharapkan juga Gubernur, Bupati/Walikota yang wilayahnya rawan bencana agar memerintahkan satuan kerja perangkat daerah yang membawahi satlinmas untuk memberdayakan aparat satlinmas seoptimal mungkin dalam membantu program  dimaksud. 
Kegiatan pemantauan dan penyebarluasan informasi potensi bencana alam ini  dilaksanakan seiring dengan meningkatnya Status Gunung papandayan pada tanggal 01 September 2011 dinyatakan dalam Level Siaga. jumlah penduduk yang diperkirakan akan terkena dampak  letusan Gunung Papandayan sekitar 171.744 Jiwa, dan jumlah pengungsi  mencapai 11.544 orang. serta diperkirakan  jika terjadi letusan Gunug Papandayan dengan skenario terburuk, maka wilayah terancam bencana  sebanyak 5 (lima) Kecamatan yang didalamnya terdapat 20 Desa. 5 kecamatan tersebut adalah : Kecamatan Cisurupan(10) Desa, Kecamatan Pamulihan (4 Desa), Kecamatan Banyongbong (2 Desa), Kecamatan Pakenjeng (2 Desa), dan Kecamatan Sukaresmi (2 Desa). kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan narasumber yang dilibatkan dari : 1. Dandim 0611 Garut, 2. Kapolres Garut, 3. BPBD, 4. PMI Kabupaten Garut. 
hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah anggota Sat.Linmas mempunyai pemahaman  dasar tentang kebencanaan, sehingga dapat meminimalisir korban akibat bencana yang di timbulkan. kegiatan ini di Buka oleh kepala kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Garut. dan hadir pula Bupati Garut dan Panglima TNI untuk melihat pelaksanaan gladi posko tekait aktivitas vulkanik gunung papandayan.



















0 komentar:

Posting Komentar

Kabar Garut

Jl. Patriot No. 10A Blk Gedung Korpri Kabupaten Garut